Tips Solo Traveling untuk Pemula agar Tetap Merasa Aman dan Nyaman

Tips Solo Traveling untuk Pemula Aman dan Nyaman

Mungkin sobat termasuk orang yang enggan untuk melakukan traveling sendirian (solo traveling) dengan berbagai alasan. Misalnya saja sobat takut kalau saja nanti hilang atau kesasar, merasa tidak aman karena sendirian, ataupun karena sobat tidak suka merasa kesepian karena bepergian seorang diri tanpa adanya teman.

Namun jika sobat seorang petualang sejati, bisa saja solo traveling merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Selain sobat lebih merasa bebas dalam memilih destinasi dan hal lainnya, sobat juga bisa melatih kemandirian, skill untuk beradaptasi, serta berpotensi mendapatkan teman atau kenalan baru.

Tips Solo Traveling untuk Pemula

Jika sobat adalah seorang pemula yang ingin mencoba solo traveling, maka ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan agar acara traveling sobat dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman dan menyenangkan.

1. Melakukan Riset dan Cari Info Sebanyaknya

Sebelum sobat melakukan solo traveling, sobat sangat dianjurkan untuk mencari inormasi sebanyak-banyaknya terkait destinasi yang ingin sobat tuju sebagai target solo traveling. Jangan lupa untuk mencari juga jadwal penerbangan, harga tiket, penginapan, dan akomodasi yang sobat butuhkan. Selain itu, sobat juga perlu mengetahui bagaimana budaya dan kebiasaan di tempat yang akan sobat datangi nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Penerbangan Jarak Jauh Menjadi Nyaman dan Menyenangkan

2. Buat Anggaran dan Rencana Perjalanan yang Matang

Anggaran dan rencana perjalanan harus sobat buat sebaik mungkin karena nantinya sobat akan traveling sendirian. Buatlah segala sesuatunya secara matang, detail dan terperinci agar semuanya berjalan sesuai harapan. Misalnya saja moda transportasi apa saja yang akan digunakan selama solo traveling, destinasi wisata mana saja yang akan sobat kunjungi, dan detail lainnya yang kiranya perlu sobat rencanankan dengan baik.

3. Packing yang Ringkas, Simpan Uang dan Dokumen Secara Terpisah

Agar bawaan sobat tidak terlalu banyak sebaiknya sobat membawa barang-barang yang benar-benar sobat butuhkan saat solo traveling. Dengan demikian barang bawaan sobat tidak akan merepotkan. Sementara itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika sobat memisahkan antara uang dan dokumen yang sobat butuhkan saat solo traveling. Kejahatan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Sobat hanya bisa mengantisipasinya sebaik mungkin agar tidak mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan.

4. Pilih Kedatangan Pagi Hari

Datang di tempat tujuan pada pagi hari tentu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kedatangan sobat di malam hari. Hal ini juga berhubungan dengan tingkat keamanan yang cenderung lebih bisa diandalkan pada pagi dan siang hari. Untuk itu ada baiknya sobat mencari jadwal penerbangan yang sesuai dengan waktu kedatangan agar bisa sampai di destinasi solo traveling pada pagi hari.

Itulah beberapa tips sederhana yang perlu sobat perhatikan saat melakukan solo traveling. Happy travelling!