Pentingnya Menggunakan Conditioner agar Rambut Berhijab Tetap Lembut dan Sehat

Pentingnya Menggunakan Conditioner agar Rambut Berhijab Tetap Lembut dan Sehat

Rambut yang sehat menjadi impian semua orang, baik itu laki-laki terlebih lagi bagi perempuan. Namun paparan teriknya sinar matahari, polusi, debu dan juga AC sepanjang hari memang dapat membuat rambut rusak. Bagi perempuan yang mengenakan hijab penyebab rambut rusak seperti di atas memang bukanlah suatu ancaman.

Namun tahukah anda ketika suhu di luar panas maka didalam hijab suhunya justru lebih tinggi dari di luar, hal ini tentu saja memicu rambut menjadi kehilangan kelembaban alaminya dan cenderung berminyak.

Kesalahan berikutnya adalah banyak wanita berhijab justru keramas setiap hari karena panas dan keluhan rambut lepek. Padahal dengan mencuci rambut tiap hari justru akan membuat rambut lebih berminyak dan lebih kusam. Lebih baik Anda melakukan keramas ketika rambut kotor, atau setidaknya 2 – 3 kali dalam seminggu. Dan ada baiknya jika Anda menyisir rambut sebelum keramas, agar tidak banyak rambut yang rontok.

Ditambah lagi rasa tidak nyaman saat berhijab dalam keadaan rambut basah memicu banyak wanita berhijab lebih sering menggunakan hair dryer dibanding wanita yang tidak berhijab. Kebanyakan masalah-masalah di atas umunya dapat diatasi dengan cara teratur menggunakan conditioner setiap selesai keramas.

Untuk perawatan rambut berhijab sebaiknya pilihlah juga shampo dan conditioner yang diformulasikan khusus untuk rambut berhijab, misalnya adalah conditioner sunsilk hijab.

Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan dengan keluhan yang dirasakan. Misal rontok atau berketombe. Satu hal penting yang wajib diketahui saat memakai kondisioner adalah hindari mengenai kulit kepala dan bilas hingga benar-benar bersih. Pasalnya, sisa kondisioner yang tertinggal di area kulit kepala dapat memicu munculnya ketombe dan membuat rambut menjadi gampang lepek.

Pemakaian kondidioner secara teratur akan mengembalikan kelembaban alami rambut secara bertahap. Beberapa hal lagi yang dapat dilakukan untuk merawat rambut berhijab agar tetap cantik antara lain:

  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang
  • Keringkan rambut sebelum mengenakan hijab, usahakan menggunakan hair dryer hanya sampai setengah kering kemudian keringkan dengan kipas angin atau biarkan kering sendiri.
  • Gunakan masker rambut seminggu sekali
  • Berikan pijatan lembut saat keramas dan mengaplikasikan kondisioner agar peredaran darah di kulit kepala lebih lancar.
  • Perbanyak asupan sayur dan buah serta pastikan minum air putih dalam jumlah yang cukup.

Itulah beberapa tips mudah untuk merawat rambut bagi Anda yang mengenakan hijab. Ternyata kondisioner memiliki peran yang cukup penting untuk merawat kesehatan rambut sehingga rambut tetap lembut dan sehat, meskipun tertutup hijab.