lararala logo

7 Fungsi Tulang Betis bagi Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Fungsi Tulang Betis bagi Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Ketika Anda membaca artikel tentang fungsi pergelangan pada kaki, maka hal itu tidak dapat dipisahkan dengan tulang betis. Pasalnya, keduanya merupakan bagian dari komponen gerak tubuh bagian bawah, yakni kaki.

Adapun kaki itu sendiri terdiri dari beberapa macam jenis tulang, dimulai dari tulang paha, dilanjutkan dengan tulang kering, tulang pergelangan kaki, tulang betis, hingga tulang telapak kaki. Maka tidak mengherankan jika tulang betis juga memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting.

Lalu, apa fungsi dan peranan dari tulang betis itu sendiri? Namun sebelum dilanjutkan, mari kita bahas sejenak anatomi tulang betis agar kita lebih memahaminya.

Anatomi Tulang Betis

Tulang betis sejatinya merupakan jenis tulang panjang yang tipis dan juga ramping, serta letaknya berada di bagian belakang kaki. Seperti pada umumnya jenis tulang panjang, tulang betis juga mempunyai ujung proksimal lengkap dengan kepala dan leher, poros serta ujung distal.

Tulang betis dan tulang kering posisinya sejajar dan panjangnya juga hampir sama. Namun keduanya nampak berbeda, terutama jika dilihat dari bentuknya, di mana tulang kering bentuknya lebih tebal, sementara itu untuk tulang betis lebih tipis.

Fungsi Tulang Betis

Tulang betis mempunyai tingkat kepadatan yang baik. Meskipun geraknya terbatas, karena harus mengikuti pergerakan tulang kering, tulang betis juga memiliki fungsi dan peranan yang penting, antara lain:

1. Penopang Berat Tubuh

Walaupun ini bukan merupakan fungsi utama, tulang betis nyatanya juga berperan sebagai penopang badan juga cukup penting. Tulang betis membantu tulang kering untuk menopang berat badan manusia, terutama pada saat berdiri, berjalan dan berlari.

2. Pengatur Gerak

Selain itu, tulang betis juga berfungsi sebagai pengatur utama gerak tubuh ketika berjalan, sehingga manusia bisa bergerak sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

3. Melindungi & Menstabilkan Kaki

Fungsi selanjutnya dari tulang betis adalah melindungi kaki dari benturan dan hal lainnya yang dapat membahayakan kaki. Selain itu, dengan keberadaan tulang betis, maka manusia dapat bergerak dan berjalan dengan stabil.

4. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Tulang betis juga berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini dapat dilihat ketika manusia diam berdiri, ketika berjalan atau pun di saat berlari, tulang betis akan membantu menjaga keseimbangan tubuh manusia.

6. Pendukung Tulang Kering

Seperti yang sudah diuraikan di atas, tulang betis berada di bagian belakang kaki dan posisinya sejajar dengan tulang kering. Maka sudah pasti bahwa tulang betis akan menopang tulang kering dalam menjalankan sistem penggerak tubuh bagian bawah sehingga dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

7. Tempat Pembentukan Sel Darah Merah

Selain sebagai komponen sistem penggerak tubuh bagian bawah, ternyata tulang juga memiliki fungsi penting lainnya bagi tubuh manusia. Tulang kering merupakan tempat pembentukan sel darah merah.

Demikianlah berbagai fungsi dan peranan tulang betis yang sangat penting bagi tubuh manusia. Selain fungsi yang sudah disebutkan di atas, tulang betis juga berfungsi sebagai komponen antara kaki dengan pergelangan kaki.

Lebih dari itu, tulang betis juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan garam dan mineral dalam tubuh manusia.

Betapa pentingnya keberadaan dan fungsi tulang betis bagi tubuh manusia. Untuk itu sudah seharusnya kita harus menjaga kesehatannya. Kita bisa menjaga kesehatan tulang betis dengan rajin berolahraga ringan dan melakukan peregangan sebelum olah raga. Selain itu juga mencukupi tubuh dengan asupan nutrisi, air putih, kalsium dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan tulang betis.