5 Cara Memilih Salep Gatal yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Tips Memilih Salep Gatal yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Salap gatal masih menjadi salah satu solusi terbaik yang dipilih oleh sebagian masyarakat dalam mengobati berbagai permasalahan kulit. Namun kurangnya pengetahuan bisa membuat mereka salah menggunakannya dan dapat menimbulkan efek samping lainnya.

Cara Memilih Salep Gatal

Kulit yang gatal bisa disebabkan karena berbagai penyebab. Namun Anda tidak perlu khawatir karena gangguan ini dapat disembuhkan tanpa harus berobat ke rumah sakit. Akan tetapi permasalahan ini perlu ditangani dalam waktu cepat agar terhindar dari komplikasi lain. Berikut cara memilih salep gatal yang tepat, sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Mengenali Permasalahan Kulit

Pemilihan salep kulit tentunya berpengaruh pada kesembuhannya. Jika Anda menggunakan produk yang tepat maka proses pemulihan juga akan menandakan hasil positif. Maka dari itu, mengenai jenis dan permasalahannya menjadi langkah paling awal sebelum memilihnya.

Misalnya jika Anda memiliki kulit yang bertipe kering maka jangan menggunakan salep gatal dengan komposisi berupa zat salisilat karena bisa memperparahnya. Selain itu, ketahuilah apa penyebab gatalnya. Biasanya disebabkan karena eksim, melanoma, scabies, psoriasis atau masalah lainnya.

2. Memperhatikan Bahan Aktif dan Produk

Selain memperhatikan permasalahan kulit yang sedang dialami, Anda juga harus teliti dalam mengecek bahan aktif dan produk tersebut. Jika memunngkinkan, gunakan saja salep gatal dengan komposisi berbahan alami karena tidak terlalu memiliki resiko bahaya meski tetap harus mengetahui takarannya.

Pastikan bahwa salep gatal tersebut tidak mengandung beberapa bahan bahaya seperti merkuri, triclosan, petroleum dan lainnya. Agar lebih aman, dapatkan produk ini melalui resep dokter dan jangan membelinya sendiri tanpa adanya pengetahuan yang jelas.

3. Memperhatikan Izin Edar Kadaluwarsa Produk

Selain memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan berbahaya, Anda pun tetap harus mengecek lagi bahwa salep tersebut sudah memiliki izin edar atau belum. Kini telah dijumpai banyak produsen curang yang memproduksi tanpa mendaftarkannya ke BPOM.

Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan mengenai tanggal kadaluwarsa produk yang tertera. Pastikan bahwa penggunaannya masih dalam batas aman selama digunakan. Biasanya dapat dilihat di bagian bawah atau belakang kemasan.

4. Memilih Produk Tanpa Fragrance

Jika Anda memperhatikan, beberapa obat-obatan termasuk salep gatal cenderung tidak memiliki bau harum atau tanpa fragrance yang menyengat. Hal ini nyatanya memiliki alasan tersendiri yakni produk dengan wewangian meman kurang baik apabila diaplikasikan pada kulit bermasalah.

Ketika kulit Anda sedang gatal, hal ini menandakan bahwa kondisinya sedang sensitif. Agar tidak memperparah kondisinya, maka jangan gunakan produk yang memiliki wewangian menyengat karena cenderung mengandung bahan kimia aktif di dalamnya.

5. Jangan Sering Berganti Produk

Jika Anda sebelumnya sudah memiliki produk yang cocok, maka alangkah lebih baik apabila tidak sering berganti-ganti. Hal ini bisa membuat kulit semakin sulit untuk beradaptasi atau bahkan menyebabkan timbulnya masalah baru.

Anda hanya boleh mengganti produk salep gatal apabila merasakan adanya iritasi atau gatal-gatal yang mengganggu setelah pemakaian. Untuk lebih amannya, tanyakan saja kepada dokter agar mendapatkan penanganan segera.

Permasalahan kulit yang sering dialami perlu diberikan tindakan cepat agar tidak menimbulkan iritasi berikutnya. Salah satu pilihan terbaik untuk menyembuhkannya adalah menggunakan salep gatal. Namun sebelum membelinya, pastikan bahwa Anda memilih produk aman.

Jika Anda mengalami gatal pada kulit maka sebaiknya lakukan tindakan segera untuk menanganinya. Agar penanganan bisa lebih cepat dilakukan, maka gunakan saja layanan kesehatan online dari Halodoc. Selain berkonsultasi, di dalam situs tersebut juga menawarkan berbagai jenis salep yang Anda butuhkan untuk mengatasi permasalahan kulit yang Anda alami.