Berbagai Jenis Makanan Anak 1 Tahun untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Hariannya

Berbagai Jenis Makanan Anak 1 Tahun untuk Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Hariannya

Ketika anak menginjak usia 12 bulan atau satu tahun, ASI hanya menunjang 30 – 40% kebutuhan nutrisi harian. Sebagian besar kebutuhan nutrisi diperoleh anak dari asupan makanan dan minuman, sedangkan ASI memiliki peran penting untuk membentuk kekebalan tubuh anak.

Namun, kebanyakan anak usia ini mulai pilih-pilih makan, bahkan tidak sedikit yang mengalami GTM atau gerakan tutup mulut. Kesulitan makan ini biasanya diakibatkan karena masalah tekstur makanan atau varasi menu makan hariannya.

Makanan Anak 1 Tahun

Banyak ibu baru yang merasa kesulitan menentukan makanan anak 1 tahun, apa yang boleh dan tidak boleh dimakan. Sebenarnya anak-anak bisa makan apa saja, selama makanan tersebut tidak menimbulkan alergi dan juga bergizi. Pengolahan makanan ini sebaiknya tetap disesuaikan dengan tekstur tahapan anak 1 tahun, yaitu cenderung kasar.

Berikut adalah beberapa contoh makanan dengan nutrisi tinggi yang baik diberikan kepada anak usia 1 tahun

1. Sumber Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan anak sebagai sumber enekrgi utama. Karbohidrat yang diberikan sebaiknya berupa karbohidrat kompleks yang diserap oleh tubuh secara perlahan sehingga asupan energi yang diterima konstan. Beberapa contoh karbohidrat yang baik untuk bayi adalah

1.1. Ubi

Ubi mengandung kalium, vitamin C, serat, dan beta-karoten. Kebanakan bayi menyukai ubi dibanding kentang karena memiliki rasa manis. Teksturnya juga lebih fleksibel, karena mudah dihaluskan untuk awal mpasi dan dapat diberikan juga sebagai fingerfood atau dibuat sedikit kasar.

1.2. Pasta

Pasta merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk bayi, terutama pasta gandum utuh. Pastikan masak pasta sampai benar-benar lunak.

1.3. Beras Merah

Sebenarnya beras putih juga dapat digunakan. Namun beras merah memiliki lebih banyak serat. Namun, beberapa anak, ada yang sedikit kesulitan buang air saat pertama diberi beras merah.

2. Sumber Protein & Lemak

Protein dan lemak adalah kunci pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan juga otak. Namun beberapa sumber protein dan lemak juga dapat memicu alergi, sebaiknya perhatikan riwayat alergi orang tua sebelum memberikannya kepada anak. Bahan makanan sumber protein dan lemak ini juga merupakan pemberi rasa gurih. Daripada menggunakan bahan pabrikan lebh baik gunakan kaldu dari sumber protein hewani asli. Berikut adalah beberapa contoh bahan makanannya:

2.1. Ayam

Ayam kaya dengan protein dan vitamin B6, yang diperlukan tubuh untuk mengekstrak energi dari makanan. Kandungan protein, vitamin, dan mineral di dalamnya diperlukan bayi untuk mendukung pertumbuhannya. Lemak juga memiliki lemak yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak.

2.2. Daging Merah

Daging merah dapat juga digunakan sebagai sumber makanan bayi 1 tahun. Daging merah merupakan sumber zat besi yang mudah diserap, yang membantu sel darah merah membawa oksigen ke sel dan membantu perkembangan otak.

2.3. Ikan

Ikan terutama yang berlemak seperti patin, lele atau salmon memiliki banyak kandungan vitamin yang larut dalam lemak dan lemak esensial yang akan mendukung perkembangan otak, kesehatan mata, serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ikan termasuk sumber protein yang menyebabkan alergi, berhati-hatilah saat memberikannya untuk pertama kali.

2.4. Telur

Telur adalah makanan segala usia, termasuk bayi. Putih telur banyak mengandung protein, sedangkan kuning telur kaya akan seng dan vitamin A, D, E, dan B12. Kuning telur juga memiliki kolin yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Seperti halnya ikan telur juga menjadi penyebab alergi. Terutama bagian kuning telur.

3. Sumber Vitamin & Mineral

Sumbervitamin dan mineral terbaik untuk anak usia 1 tahun adalah sayur dan buah. Selain sebagai sumber vitamin dan mineral sayur dan buah juga mengandung banyak serat untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Berikut adalah beberapa sayur dan buah tinggi nutrisi untuk anak usia 1 tahun

3.1. Pisang

Pisang adalah yang paling mudah diberikan, cocok pula untuk snack time karena pisang tinggi karbohidrat. Tekstur pisang juga sangat fleksibel, dapat digunakan dan dikenalkan mulai saat awal MPASI, Anda hanya perlu menyesuaikan teksturnya. Untuk anak usia 1 tahun Anda dapat memberkannya utuh, agar dapat juga melatih motorik Anak untu mengupas kulitnya.

3.2. Alpukat

Buah berikutnya yang banyak dijadikan pilihan adalah Alpukat. Alpukat selain kaya akan vitamin, juga memiliki yang cukup tinggi serta lemak baik. Karena kurang berasa Anda dapat mencampurnya dengan buah lain, ASIP atau yogurt untuk memperkaya rasa.

3.3. Wortel

Salah satu sayuran utama yang diberikan adalah wortel. Wortel memiliki beta karoten yang mengandung anti oksidan, vitamin A dan mineral penting. Selain itu wortel juga memiliki rasa sedikit manis yang lebih mudah diterima anak dibanding sayur yang lain. Untuk anak usia satu tahun pastikan wortel dimasak hingga benar-benar lunak.