Olahraga yang Dapat Dilakukan untuk Mempersiapkan Tubuh Sebelum Kehamilan


Olahraga untuk Persiapan Sebelum Kehamilan

Apa saja macam olahraga yang bisa dilakukan untuk persiapan fisik dan mental sebelum masa kehamilan? Kehadiran anak pertama biasanya sangat dinantikan oleh pasangan yang baru menikah. Maka bagi perempuan, hamil dan mempunyai buah hati tentu adalah hal yang sangat diimpikan setelah menikah.

Agar bisa segera hamil, secara ilmiah kedua belah pihak harus menjaga kesuburan dan ada baiknya mulai memprogram kehamilan. Gaya hidup sehat dan pola makan yang baik dapat menjadi sarana yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan, khususnya pada perempuan.

Jangan Lewatkan: Pengin Punya Tubuh Lebih Langsing, Lakukan 5 Gerakan Sederhana Ini!

Dengan meningkatnya kesuburan, maka peluang untuk hamil akan semakin besar. Setelah berusaha dan ikhtiyar, sobat tinggal memasrahkan hasilnya kepada Allaah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Untuk mempersiapkan kehamilan tentu saja dibutuhkan tubuh yang sehat dan kuat. Salah satunya dengan melakukan olahraga, guna menghindari gangguan kesehatan yang bisa saja muncul saat menjelang kehamilan. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan tubuh sebelum kehamilan.

1. Pilates

Yang pertama adalah pilates. Dengan olahraga pilates maka sobat akan menjadikan otot lebih lentur. Selain itu juga akan meningkatkan kekuatan, memperbaiki postur tubuh namun tidak memberikan tekanan terhadap tubuh secara berlebihan. Lebih dari itu, pilates juga dapat meningkatkan kebugaran sehingga tubuh sobat akan lebih siap untuk mengandung janin selama sembilan bulan masa kehamilan. Dan menariknya lagi, olahraga pilates juga baik dilakukan pada saat kehamilan.

Baca Juga: Cara Membuat Krim Malam Lidah Buaya untuk Kulit Halus Cerah Bercahaya

2. Yoga

Mungkin sobat telah mengetahui bahwa olahraga yoga dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh, dan menghilangkan stres. Selain itu, yoga juga dapat digunakan untuk menjernihkan pikiran dan fisik. Karena itulah olahraga yoga sangat baik dilakukan untuk persiapan kehamilan, bahkan pada saat hamil dan setelah melahirkan.

3. Olahraga untuk Memperkuat Otot

Olahraga dalam rangka memperkuat otot juga baik dilakukan untuk mempersiapkan kehamilan. Misalnya saja dengan angkat beban untuk menguatkan otot serta menjaga tubuh agar selalu dalam kondisi optimal. Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan sejumlah bagian tubuh yang sangat berperan ketika kehamilan sehingga tubuh sobat akan senantiasa terjaga kekuatan dan kebugarannya.

Lihat Juga: 5 Kebiasaan Sepele Penyebab Sakit Maag yang Sering Diremehkan

4. Berjalan

Mungkin ini jenis olahraga yang paling sobat sukai. Karena berjalan adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan dan merupakan olahraga yang aman untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan tubuh yang sehat akan membuat sobat lebih siap untuk menghadapi kehamilan. Bahkan pada saat kehamilan pun sobat juga tetap disarankan untuk berjalan.