Khasiat dan Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Khasiat dan Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman dingin dan hangat. Namun tahukah sobat jika ternyata jeruk nipis menyimpang segudang manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan?

Hal itu disebabkan karena jeruk nipis memiliki banyak kandungan mulai dari vitamin C, zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, dan kalium. Selain itu jeruk nipis juga banyak mengandung antioksidan seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat yang sangat baik untuk kesehatan.

Maka tak mengherankan jika banyak orang yang rajin mengonsumsi minuman jeruk nipis guna mendapatkan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh.

Khasiat dan Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kesehatan yang perlu sobat ketahui.

1. Menurunkan Gula Darah

Ternyata jeruk nipis mempunyai indeks glikemik rendah sehingga dapat membantu dalam membantu mengatur bagaimana tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis setelah makan, maka hal tersebut bisa membantu mengurangi lonjakan gula darah.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Penyebab Sakit Maag yang Sering Diremehkan

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis memiliki kandungan berupa asam sitrat yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini akan membantu tubuh sobat dalam membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, air jeruk nipis juga tidak menagndung lemak, kolesterol dan rendah kalori. Maka dari itu, air jeruk nipis sangat bagus digunakan untuk menurunkan berat badan secara praktis, alami dan cepat.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan aneka antioksidan yang akan memberikan sokongan untuk sistem kekebalan tubuh. Jika sobat mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin, maka hal tersebut bisa membantu dalam mencegah dan mempercepat penyembuhan flu dan pilek

4. Mencegah Kanker

Air jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu dalam meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa buah jeruk dapat menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker usus besar, tenggorokan, pankreas, payudara, sumsum tulang, limfoma, serta kanker lainnya.

Lihat Juga: Perawatan untuk Kulit Wajah Kering agar Halus, Mulus dan Kencang

5. Baik untuk Jantung

Beberapa hal yang baik untuk kesehatan jantung adalah magnesium dan potasium. Sementara itu kedua kandungan tersebut dimiliki oleh air jeruk nipis. Kalium memiliki peranan yang penting dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan membantu dalam mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Disamping itu, tubuh juga membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan otot, termasuk otot jantung. Ditambah lagi dengan kandungan limonin dalam jeruk nipis yang bisa membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sobat.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat air jeruk nipis untuk kesehatan yang mungkin saja belum sobat ketahui.