Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Mudah tanpa Perlu ke Bengkel

Langkah langkah Mengganti Minyak Rem Mobil Tanpa ke Bengkel

Tips bagaimana cara mudah untuk mengganti minyak rem pada mobil dengan mudah, sehingga sobat tidak perlu ke bengkel. Apa kabar sobat otomotif yang ada di seluruh Indonesia, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengganti minyak rem pada mobil pada sobat netizen negeri +62 tercinta.

Fungsi Minyak Rem

Minyak rem atau disebut juga dengan nama brake fluid adalah cairan khusus yang secara hidrolis mampu memindahkan gaya dari pedal rem ke sepatu rem guna menghentikan laju kendaraan. Pada kendaraan, minyak rem biasa ditemui baik itu pada sepeda motor maupun mobil yang sobat miliki di rumah.

Seperti yang sobat tahu, minyak rem berfungsi sebagai pelumas pada sebuah komponen logam yang memang bergesekan untuk bisa menghentikan laju kendaraan agar komponen logam tersebut tahan panas, tidak cepat aus dan juga tidak berubah bentuk ketika pada keadaan suhu yang tinggi.

Fungsi lain dari minyak rem yaitu untuk menghambat kecepatan ketika ingin mengentikan kendaraan, untuk mengontrol kendaraan ketika sedang berkendara, dan juga berfungsi untuk menahan kendaraan ketika berhenti atau parkir di tempat yang menanjak ataupun menurun.

Cara Kerja Minyak Rem

Cara kerja minyak rem sendiri ialah ketika proses pengereman, di butuhkan tenaga hidrolik yang diaktifkan oleh silinder master supaya bisa menghentikan putaran roda. Hal tersebut dilakukan dengan cara menekan pedal penjepit cakram atau bisa juga dengan menekan tromol. Tenaga hidrolik tersebut kemudian disalurkan ke semua sistem kendaraan melalui minyak rem.

Minyak rem mempunyai sifat seperti fluida di dalam sistem tertutupnya. Sistem rem bekerja dari komponen master silinder yang disalurkan ke piston kemudian di transfer ke energi mekanis yang kemudian akan menghasilkan panas dari gesekan minyak rem dengan permukaan salurannya.

Minyak rem yang baik ialah minyak rem yang mempunyai kekentalan stabil ketika dalam keadaan suhu tinggi ataupun suhu rendah. Selain itu, minyak rem juga harus memiliki titik didih yang sangat tinggi, karena pada saat terjadi pengereman maka panas yang dihasilkannya pun sangat tinggi.

Nah, apabila minyak rem pada kendaraan sobat mengalami masalah, tentu akan sangat berpengaruh pada part-part metal yang terdapat di dalam dan juga dapat mempengaruhi sistem pengeremannya. Sehingga pada saat terjadi gesekan antaran komponen logam akan membuat part-part di dalam sistem pengereman tersebut akan cepat aus dan rusak.

Langkah-langkah Mengganti Minyak Rem Mobil

Adapun cara untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu mengganti minyak rem yang lama dengan minyak rem yang baru. Dan berikut ini merupakan langkah-langkah mudah dalam mengganti minyak rem mobil dengan mudah yang sengaja kami berikan untuk anda semua para setia pembaca Dapurotomotif.com. Yuk, langsung saja sobat simak ulsannya di bawah ini.

  1. Pertama-tama, silakan sobat buka terlebih dulu tutup reservoir atau tabung cadangan.
  2. Selanjutnya, silakan sobat kendurkan baut nepel yang terdapat di bagian kaliper.
  3. Kemudian letakan wadah di bawahnya, untuk menampung minyak rem yang akan dikuras.
  4. Jika dirasa minyak rem sudah terkuras semua kemudian kencangkan kembali baut nepelnya.
  5. Setelah itu, silakan sobat masukan cairan minyak rem yang baru ke dalam reservoir.
  6. Apabila sudah, lakukan proses bleeding untuk membuang udara dari dalam sistem.
  7. Proses tersebut dilakukan dengan cara menekan pedal rem secara berulang-ulang kemudian tahan.
  8. Nah, setelah pedal rem sudah ditahan, silakan kendurkan baut nepel untuk mengeluarkan udara.
  9. Setelah itu, lakukan proses tersebut secara berulang-ulang hingga tidak ada lagi gelembung udara.

Nah sobat lararala.com, itulah sedikit tips mengenai cara mengganti minyak rem pada mobil dengan mudah dari kami. Semoga dengan informasi tips yang kami bagikan di atas tadi bisa bermanfaat dan juga bisa menjadi sebuah referensi sobat ketika hendak mengganti minyak rem pada mobil tanpa harus pergi ke bengkel.