8 Cara Modifikasi Audio Mobil Agar Suara Menggelegar dan Menggetarkan Jiwa

Tips Cara Modifikasi Audio Mobil Agar Suara Menggelegar dan Menggetarkan Jiwa

Tips bagaimana cara mudah untuk memodifikasi audio mobil agar kualitas suaranya menjadi lebih menggelegar. Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit berbagi informasi untuk sobat LARARALA.COM seputar tema otomotif, yakni tips tentang cara modifikasi audio pada mobil agar menghasilkan suara yang menggelegar.

Keberadaan Audio pada Mobil

Meskipun bukan merupakan komponen yang utama, namun keberadaan komponen audio pada mobil merupakan salah satu komponen atau fitur yang kerap kali digunakan oleh semua pengendara. Bahkan, tidak sedikit juga para pengendara mobil menjadikan fitur audio ini sebagai barang kebutuhan.

Selain itu juga menjadi salah satu fitur hiburan pada saat di perjalanan, apalagi pada saat terjadi kemacetan. Dengan adanya komponen audio ini, tentunya membuat para pengendara terhibur dan tidak akan merasa bosan.

Lihat Juga: Tips & Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Matic dengan Mudah

Bagi sebagian orang atau pengendara mobil sepertinya sudah cukup puas dengan komponen audio standar pabrikan dari mobil yang mereka miliki. Akan tetapi, bagi para pecinta musik mereka belum merasa puas dengan audio bawaan pabrik, sehingga banyak dari mereka yang melakukan modifikasi pada bagian audio mobil agar suara yang dihasilkan dapat menggelegar dan juga memuaskan.

Hal tersebut tentu saja membuat para pemilik atau pengendara mobil rela merogoh kocek yang cukup besar supaya sistem audio pada mobil mereka dapat menghasilkan suara yang begitu sempurna.

Namun, tidak sedikit juga pengendara yang merasa kesal karena mendapatkan seperangkat sistem audio yang mahal tapi tidak menghasilkan suara yang mereka inginkan. Hal seperti ini biasanya terjadi karena kebanyakan orang memasang sistem audio ini dengan cara asal-asalan tanpa harus tau cara yang tepat pada saat melakukan modifikasi pada sistem audio mobil mereka.

Tips Membuat Audio Mobil Lebih Menggelegar

Nah, berikut ini merupakan cara modifikasi audio pada mobil agar menghasilkan kualitas suara yang menggelegar dan sesuai dengan apa yang sobat inginkan. Yuk, sobat simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Menentukakan Anggaran

Hal pertama yang mesti sobat lakukan pada saat melakukan modifikasi audio pada mobil yang sobat miliki, ialah menentukan anggaran yang sobat miliki. Besar atau kecil anggaran yang di miliki menentukan spesifikasi modifikasi audio yang nantinya akan sobat hasilkan.

2. Membeli Komponen Sesuai Kondisi Mobil

Kebanyakan orang melakukan modifikasi audio pada mobil ini dengan menggunakan komponen yang bagus, tapi tidak sesuai dengan kondisi mobil yang dimilikinya. Misalnya saja dengan memasang speaker serta subwoofer yang berukuran besar, padahal ukuran mobil yang dimilikinya kecil. Hal tersebut tentu akan membuat modifikasi audio tidak enak jika dipandang.

3. Sesuaikan Spesifikasi Audio dengan Selera Musik

Belilah komponen atau fitur yang mendukung spesifikasi audio selera musik sobat. Artinya, aliran musik apa yang sering sobat dengarkan. Contohnya, bila sobat lebih suka mendengarkan musik Jazz yang biasanya memiliki nada frekuensi tinggi, maka sobat dapat memilih komponen yang pas dengan musik tersebut.

4. Memilih Power Amplifer Berkualitas

Pilihlah Power Amplifier yang bagus dan berkualitas serta memiliki merk yang jelas. Karena fungsi dari amplifier ini sangat penting, yaitu berfungsi sebagai penerima sinyal suara dari sumber dan kemudian mengolah suara menjdai lebih kuat.

Jangan Lewatkan: Cara Mengganti Minyak Rem Mobil dengan Mudah tanpa Perlu ke Bengkel

Tentunya, dengan menggunakan Power Amplifier yang baik dan juga berkualitas, maka suara yang akan di hasilkan akan sangat maksimal dan sempurna.

5. Memasang Subwoofer

Bagi sobat para penggemar musik yang memilki karakter bass dengan dentuman keras menggelegar, kami sarankan untuk memasang Subwoofer pada modifikasi audio mobil yang sobat miliki. Namun, jika sobat tidak suka dengan musik berkarakter ngebass, sobat bisa memakai speaker bawaan mobil yang biasanya sudah memiliki kualitas bass yang menjnajikan.

6. Ganti Speaker Bawaan

Selanjutnya sobat juga bisa mengganti speaker bawaan pabrik dengan speaker yang memiliki kualitas yang lebih bagus. Namun, sebelum mengganti speaker sebaiknya sobat berkonsultasi terlebih dulu pada instalator atau mekanik yang akan melakukan modifikasi speaker pada mobil sobat agar menghasilkan suara yang maksimal.

7. Ganti Head Unit

Apabila dirasa perlu sobat juga dapat mengganti head unit dengan yang lebih maksimal. Misalnya saja seperti mengganti head unit dengan model terbaru dengan fitur layar sentuh dan kemampuan lebih lainnya, sehingga akan memberikan kesan yang mewah dan elegan pada mobil yang sobat miliki.

8. Perhatikan Kabel-kabel

Dan untuk yang tak kalah penting dalam memasang audi pada mobil, yaitu pemasangan semua kabel dan komponen audio mobil dengan baik dan benar. Sobat harus memperhatikan kabel-kabel dalam pemasangan audio pada mobil sobat. Pastikan jenis kabel yang sobat gunakan memiliki kualitas bagus, mengingat banyak jenis kabel yang memiliki kualitas yang berbeda-beda.

Nah sobat pecinta dentuman audio yang menggelegar, itulah cara modifikasi audio pada mobil agar memiliki suara yang lebih berkualitas. Mudah-mudahan apa yang telah kami berikan di atas, bisa menjadi bahan referensi bagi sobat serta bisa menambah wawasan dan pengetahuan ketika ingin melakukan modifikasi audio pada mobil yang sobat sayangi.