Peluang Usaha untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa yang Bisa Sobat Coba

Peluang Usaha untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa

Bagi seorang pelajar –misalnya anak SMA, ataupun sobat yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan–, maka tugas utama sobat adalah giat belajar dan menuntut ilmu sebaik mungkin. Pasalnya, biaya sekolah dan kuliah bukanlah sesuatu yang murah. Jadi akan sangat tidak tepat jika sobat menyia-nyiakan kesempatan yang sobat dapatkan.

Besarnya biaya pendidikan di negara kita membuat beberapa orang tua mengalami keberatan dalam menanggung beban pendidikan untuk anak-anaknya. Untuk itu sobat sebagai siswa, siswa, mahasiswa dan mahasiswi barang kali ingin meringankan beban orang tua sobat. Bagaimana caranya?

Cara yang paling masuk akal dengan mencoba sesuatu yang dapat menghasilkan uang. Dimana uang tersebut nantinya bisa sobat gunakan untuk membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan sobat akan pendidikan, minimal uang jajan sudah tidak minta orang tua. Syukur-syukur bisa digunakan untuk membayar SPP, semesteran, kost dan lainnya.

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak sobat. Usaha apa yang harus dilakukan agar bisa menghasilkan? Tenang saja sobat, karena kali ini akan kami sajikan beberapa ide bisnis dan peluang usaha yang bisa sobat lakukan untuk menghasilkan uang meskipun sobat masih berstatus sebagai pelajar SMA ataupun mahasiswa.

Peluang Usaha untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa kumpulan ide dan peluang usaha yang cocok untuk pelajar SMA dan mahasiswa.

1. Jualan Pulsa atau Paket Data

Dewasa ini, zaman sudah serba canggih. Hampir setiap orang memeiliki ponsel dan gadget lainnya. Tentu saja ini adalah pangsa pasar yang sangat lezat bagi para penjual pulsa ataupun paket data. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha semacam ini tidak begitu besar. Sobat bisa juga menjalin kerja sama dengan pihak konter penjual pulsa. Dan sobat bisa mulai menawarkan jualan sobat ke teman sesama pelajar, mahasiswa, teman kost dan lainnya.

Baca Juga: 5 Peluang Bisnis Terbaik untuk Pemula yang Cukup Menjanjikan

2. Menjadi Blogger atau Publisher

Blogger dan content creator saat ini adalah profesi yang banyak dilakukan oleh generasi milenial dan setelahnya. Misalnya melalui blog, vlog, youtube dan lainnya. Jika konten sobat menarik dan banyak pengunjungnya, otomatis views yang sobat dapatkan bisa sobat konversi menjadi uang. Sobat bisa memonetisasi blog ataupun video sobat melalui Google AdSense misalnya. Pundi-pundi uang yang sobat hasilkan bisa digunakan untuk membantu beban orang tua sobat.

3. Penulis Artikel (Writer)

Banyak media online yang membutuhkan penulis konten atau penulis artikel untuk mengisi postingan di website, portal ataupun blog mereka. Upah menjadi penulis artikel bisa dihitung berdasarkan jumlah kata per artikel ataupun kontrak gaji bulanan tergantung kesepakatan sobat dengan klien. Untuk menjalankan usaha semacam ini sobat harus memiliki laptop dan koneksi internet serta kemampuan menulis yang baik.

4. Menjadi Dropshiper

Jika sobat kurang bisa membuat artikel untuk menjadi seorang writer, maka menjadi dropshiper adalah salah satu alternatif yang bisa sobat pilih untuk menghasilkan uang. Secara sederhana, yang sobat lakukan sebagai dropshiper adalah menjualkan barang atau produk orang lain dengan harga yang sudah sobat mark-up untuk diambil keuntungan. Kelebihan dari peluang usaha ini adalah bahwa sobat tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli (kulakan) produk, dan sobat bisa melakukannya melalui smartphone yang sobat miliki.

5. Magang dan Part-Time

Jika sobat adalah seorang pekerja keras dan tak mudah menyerah, maka mencoba magang di tempat bisnis orang lain ataupun kerja paruh waktu bisa menjadi cara untuk menghasilkan uang. Misalnya saja kerja part-time di restoran ataupun kafe. Sobat bisa bernegosiasi dengan pemilik usaha tersebut tentang jam kerja dan upah yang sobat inginkan.

Itulah beberapa peluang usaha yang bisa sobat kerjakan sebagai pelajar SMA ataupun untuk sobat yang sedang kuliah. Semoga bermanfaat ya sobat.