6 Pilihan Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Pilihan Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil agar Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Makanan penuh gizi dan nutrisi akan sangat mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan. Selain mengonsumsi suplemen bagi para ibu hamil, penting juga mengetahui apa saja pilihan makanan yang memiliki banyak nutrisi untuk dikonsumsi ibu di masa kehamilan.

Dengan asupan makanan bergizi yang baik, maka kebutuhan ibu hamil akan nutrisi dapat tercukupi. Sehingga ketika hamil, kesehatan ibu dapat terjada dan janin pun dapat tumbuh dan berkembang dengan ideal.

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan bergizi yang bisa dikonsumsi bagi ibu hamil.

1. Susu & Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu merupakan makanan dan minuman yang perlu dikonsumsi saat ibu hamil. Pasalnya, jenis makanan ini banyak mengandung protein seperti kasein dan whey, dan juga kandungan kalsium yang sangat berguna bagi pertumbuhan janin.

Selain itu, di dalam susu juga terdapat vitamin B6 yang dapat membantu meredakan gejala mual dan muntah pada ibu hamil. Ditambah lagi dengan kandungan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B kompleks, magnesium hingga fosfor.

Adapun produk susu untuk ibu hamil yang banyak disarankan adalah Anmum Emesa dan Anmum Materna.

2. Ikan Salmon

Makanan bergizi selanjutnya yang bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil adalah ikan salmon. Ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, sehingga akan mendukung perkembangan otak dan mata bagi janin di dalam kandungan.

Selain itu, ada juga kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Dalam mengonsumsinya, ikan salmon sangat dianjurkan dimasak dahulu agar aman bagi janin.

3. Brokoli

Makanan bergizi tinggi selanjutnya yang sangat baik untuk dikonsumsi saat hamil adalah brokoli. Pasalnya, di dalam brokoli terkandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan di masa kehamilan, mulai dari asam folat, lutein, zeaxanthin, kalsium dan juga karatenoid yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu, sayuran hijau ini juga kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam membantu tubuh ketika menyerap zat besi, mencegah sembelit pada ibu hamil, serta meminimalisir bayi lahir dengan berat badan yang kurang.

4. Pisang

Selain sayuran hijau, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah. Salah satunya adalah pisang. Pasalnya, buah yang memiliki rasa manis ini kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil di trimester pertama.

Di samping itu, buah ini juga banyak menagndung kalium yang berperan membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan cairan dan kestabilan elektrolit selama masa kehamilan.

5. Bayam

Makanan bergizi tinggi kelima yang sangat bagus untuk dikonsumsi di masa kehamilan adalah bayam. Sayuran hijua yang mudah ditemukan ini kaya akan asam folat.

Asam folat itu sendiri merupakan salah satu nutrisi penting di awal kehamilan yang bermanfaat mencegah kecacatan bayi, yakni anensepali dan spina bifida. Lebih dari itu, asam folat yang terkandung di dalam bayam juga dapat mengurangi risiko ibu mengalami preeklamsia dan juga persalinan prematur.

6. Kacang-kacangan

Makanan dari jenis kacang-kacangan ternyata juga baik dikonsumsi di saat kehamilan. Sebagaimana bayam dan brokoli, di dalam kacang-kacangan juga terdapat asam folat yang dapat membantu mengurangi rasa mual di awal kehamilan.

Selain itu, kacang-kacangan seperti kedelai, kacang polong dan juga kacang tanah juga mengandung kalsium, serat, zat besi dan protein yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Itulah beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi bagi di masa kehamilan, guna menjaga kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.